Perbedaan Musang Bulan Aceh, Lampung dan Kalimantan


musangbogor-mli.blogspot.com

Musang bulan atau yang biasa di terkenal dengan sebutan "Musbul", adalah musang yang memiliki ciri khas warna coklat/hitam polos dan memiliki warna putih pada ujung ekor, lingkar mata dan kumis. 

Baca juga : Penyebab kerontokan bulu/rambut pada musang

Musang jenis ini banyak di jumpai di hutan-hutan yang jaraknya tidak jauh dari pemukiman warga atau penduduk, mereka sering memangsa atau bahkan merusak hasil perkebunan dan tanaman warga sekitar.

Penyebaran musang bulan di Indonesia sangat terbatas ,yaitu di pulau Sumatra dan Kalimantan saja, bahkan paling banyak hanya di pulau Sumatra, dari ujung Aceh hingga Ujung Lampung.

Musang bulan memiliki badan yang besar sehingga memberikan kesan garang dan terlihat buas, musang ini akan kawin di bulan maret - mei dan biasanya mulai melahirkan di bulan agustus hingga Desember.
Baca juga : Penangan ketika musang kita mencret
Lalu bagaimana cara kita membedakan musang bulan ini dari lokality-nya ???
Berdasarkan artikel yang kami kutif dari group FB Musang Lovers Indonesiayang bersumber langsung dari ketua umum Musang Lovers Indonesia Om Ray Animale.

Berikut cara membedakan perbedaan musang bulan (musbul) yang ada di Indonesia sesuai Lokality : 

1. Musang Bulan Aceh

Bulu gembel (tebal),muka agak bulat lebar, warna bulu coklat kehitaman hingga pekat, postur dan anatomi tulang lebih besar dari lampung,putih muka lebih sedikit, ekor putihnya pendek. 

2. Musang Bulanl Lampung/Bengkulu/Sumsel

Bulu sedang, muka bulat panjang, warna coklat kemerahan, postur dan anatomi lebih kecil sedikit dari musbul aceh, putih muka lebih banyak,ekor putihnya sedang-panjang.
Baca juga : Cara memelihara musang rase
3. Musang Bulan Kalimantan/Borneo

Bulu sedang, muka bulat sedang,Warna coklat ke abu-abuan dengan ujung warna emas, postur dan anatomi tulang lebih kecil dari musbul lampung, putih muka mendominasi full wajahnya, ekor putihnya sangat pendek.

Demikian informasi terkait Perbedaan musang bulan Aceh, Lampung dan Kalimantan
Semoga bermanfaat, apabila anda mempunyai cara tersendiri untuk membedakan musang  bulan berdasarkan lokalitynya, bisa di share di kolom komentar.
Terimakasih.

Salam wangi, satu musang banyak saudara !! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar