10 CARA MERAWAT MUSANG USIA 2 BULAN KE ATAS


Cara merawat bayi musang
Tips & Trik Merawat Bayi Musang (MUSI)

Memiliki musang kecil tentu sebuah kebahagiaan tersendiri untuk seorang pencinta musang. Selain untuk meramaikan rumah, sebagai peliharaan dan teman yang lucu juga menyenangkan dapat melihat tumbuh dan berkembang dengan maksimal.


Cara Merawat Bayi Musang

Bagi anda yang saat ini memiliki musang usia 2 atau 3 bulan dan belum memahami sepenuhnya apa saja yang wajib diperhatikan selama perawatan, 

Berikut 10 cara merawat musang umur 2 atau 3 bulan secara lengkap dan sesuai pengalaman.

1. Sediakan Tempat yang Aman

Cara merawat musang umur 2 bulan entah itu musang dari peranakan mandiri atau musang yang dibeli dari tangkapan alam,

Pada awalnya pemilik wajib menyiapkan tempat atau kandang yang terbaik untuk tempat tinggalnya.

Berikan tempat yang sejuk dan memiliki sirkulasi udara yang baik dan dapat dijangkau oleh cahaya matahari.

Jauhkan dari benda yang berbahaya seperti :

  • Barang yang mudah pecah
  • Kabel listrik
  • Bahan kimia seperti obat nyamuk 
  • dan lain sebaginya. 

Berikan tempat tidur yang hangat dan mudah dibersihkan, misalnya ialah kasur kecil yang terbuat dari busa atau tempat tidur buatan sendiri dari tumpukan handuk yang disusun atau Hammock.

2. Tempat Makan dari Steinless

Sediakan dua tempat makan dari Steinless, sebab bagi musang umur 2 bulan, Steinless jauh lebih aman dari kaca yang mudah pecah. 

Dua tepat makan tersebut untuk tempat makanan dan minuman, pastikan selalu dalam kondisi bersih dan rutin dibersihkan setidaknya sehari sekali agar tidak menimbulkan kuman penyakit.

3. Makanan Berkualitas Baik

Berikan makanan berkualitas baik dan bergizi serta bantu ia untuk makan, pastikan memberinya makanan dengan tekstur yang lunak dan empuk seperti bubur. 

Makanan tersebut bisa anda beli di toko yang menyediakan keperluan hewan atau membuat sendiri dari daging ayam atau lele yang telah dikukus kemudian dihaluskan seperti bubur, serta berbagai buah - buahan.

Jika anda membeli makanan kalengan atau yang instant, pastikan makanan tersebut bebas dari zat pewarna, perisa, atau zat pengawet berlebih yang menyebabkan beberapa musang terkadang alergi dengan bahan bahan ini, 

Tentunya akan mengkhawatirkan jika musang kecil anda yang masih lemah terkena alergi (muntah) dimana ia belum bisa menjaga diri sendiri dan belum memiliki kekuatan tubuh serta daya tahan yang maksimal.

4. Lakukan Perawatan Dasar

Siapkan semua peralatan untuk memandikan dan merawat kesehatan bulunya seperti handuk untuk mandi, sisir bulu khusus, shampo khusus dan sebagainya. 

Pastikan tubuhnya terasa nyaman dengan menjaga kebersihan tubuhnya. tubuh atau lingkungan yang kotor akan membuatnya mudah terserang penyakit dan terpapar kuman.

5. Biarkan Tetap di Dalam Rumah

Upayakan agar ia tetap berada di dalam rumah selama 2 minggu setelah diadopsi, karena 1 sampai 2 bulan ialah umur yang masih rawan untuknya, 

Berikan segala yang ia butuhkan di dalam rumah. di luar rumah memiliki cuaca yang tidak menentu dan hewan lain yang mungkin bisa membahayakannya. 

Ajak keluar rumah hanya sesekali dalam 2 minggu tersebut ketika anda menjemurnya di sinar matahari pagi agar tubuhnya terasa bugar dengan tetap menjaganya dan mencegahya dari bergerak terlalu jauh.

6. Sering Membelai

Sering seringlah membelai dan mengelus bulu musang kecil anda, di umur yang masih sangat kecil, ia sangat membutuhkan kasih sayang dan sentuhan. 

Cara merawat musang umur 1 sampai 3 bulan yang disertai dengan kasih sayang akan memberikan ikatan tersendiri,

Sehingga ia akan terus mengingat kebaikan majikannya hingga ia dewasa dan nantinya menjadi musang yang baik.

Anak musang umur 1 bulan ialah makluk yang sangat rapuh sebagaimana anak manusia yang masih kecil, 

Pastikan anda membelainya dengan lembut, jika anda mengangkat atau membelainya, ambil dengan lembut dan jaga dengan satu tangan tetap berada di bawah dadanya untuk melindunginya dari trauma, tekanan, dan rasa kaget yang berlebihan.

7. Sediakan Air Segar

Jangan lupa untuk selalu menyediakan air segar untuknya dimana di masa pertumbuhan ia juga membutuhkan air yang matang dan sehat untuk perkembangannya.

Jangan pernah berikan air yang mentah dan selalu ganti tempat minumnya secara berkala. Bantu ia minum dengan menyuapinya jika ia membutuhkan bantuan.

8. Vaksinasi

Lakukan vaksinasi awal sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit, bukan tidak mungkin anjing yang berumur 2 sampai 3 bulan tidak memiliki resiko penyakit apapun. 

Konsultasikan vaksinasi yang terbaik untuknya dan yang sesuai dengan umur dan berat badannya dengan menceritakan riwayatnya atau mungkin penyakit yang pernah diderita induknya sebagai bahan pertimbangan dan pencegahan awal.

Pastikan untuk mendapatkan vaksinasi atau perlindungan dari penyakit cacingan yang berbahaya bagi anak musang. 

Jika memang belum saatnya, tanyakan waktu yang terbaik serta minta tambahan vitamin untuk daya tahan dan meningkatkan nafsu makannya.

9. Sediakan Cemilan

Jangan lupa sediakan cemilan, tentunya harus cemilan yang sehat, bentuknya kecil, dan mudah ditelan.

Pilih cemilan untuk anak musang yang banyak disediakan di toko keperluan hewan atau cemilan anak anak yang mengandung buah dan sayuran,

Biasanya cemilan tersebut bersifat renyah dan lembek. Hal ini juga bagus untuk kesehatan giginya yakni melatih kekuatan gigi dan belajar untuk makan secara mandiri.

10. Berikan Mainan

Cara merawat musang umur 2 sampai 3 bulan ialah dengan melengkapi dan mencukupi segala fasilitas yang dibutuhkannya seperti mainan, 

Sediakan mainan yang memungkinkan untuk digigit, yakni mainan yang lunak. 

Pastikan mainannya cukup kuat agar tidak mudah rusak atau membuatnya tersedak.

Pilih mainan seperti bola bola atau tulang tulangan yang lunak dan terbuat dari bahan yang aman. 

(Jika anda tidak memiliki cukup kekuatan untuk berinteraksi dengan digigit bercanda oleh musang anda).

Lakukan semua tahap perawatan yang telah disebutkan dengan telaten agar pertumbuhan anak musang berjalan maksimal dan sehat.

Demikian 10 cara merawat musang usia 2 bulan ke atas, semoga mudah dipahami untuk anda dan dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar