Menangani musang hamil sampai melahirkan


musangbogor-mli.blogspot.com

Menangani musang hamil sampai melahirkan, Setelah kita tahu bagaimana cara mengawinkan musang yang benar pada kali ini kita akan membahas sedikit informasi mengenai tips cara menangani musang hamil sampai melahirkan.

Pertama-tama sebaiknya diberikan ruang sendri yang aman dan nyaman bagi musang tersebut, dalam artian lingkungan yang tidak sering dilalui orang dan tidak berdekatan dengan musang lain disekitar-nya dan diberikan jarak yg agak jauh.
Baca juga : ciri ciri musang birahi atau siap kawin
Pisahkan jantan apabila mengetahui musang betina telah hamil. untuk mengetahuinya bisa dengan membaca artikel sebelumnya tentang ciri ciri musang hamil

Berikan tempat/wadah khusus untuk tempat kelahiran, minimal kain bersih di dalam kandang. 

Berikan asupan makanan yg sehat, minum air harus disediakan di dalam kandang, biasanya induk musang tidak akan banyak makan tetapi dia tetap meminum air. 
Pentingnya air minum untuk musang yang hamil agar terjaga kesehatannya dan tidak dehidrasi disaat masa mengandung, apabila simusang menolak untuk minum diharapkan untuk memberikan dengan sepetan khusus, minimal dia harus minum 50ml-100ml sehari.
Baca juga : Cara memelihara musang pandan
Musang yg sedang mengandung, diharapkan tidak usah dimandikan, dan di bawa bermain/ digendong agar janin tidak terganggu. 
Musang mengandung sangat sensitif untuk mempertahankan lingkunganya, biasanya akan defensif dan sedikit gelisah disaat ada suara, gerakan, dan kehadiran makhluk hidup lain disekitarnya, karena psikologis musang tidak ingin diusik dan ingin mempertahankan janin/anaknya kelak dari gangguan disekitarnya. 

Untuk usia kehamilan mendekti 2 bulan biasanya musang akan mulai gelisah, terkadang ada juga indukan yg tenang, dengan menandakan vagina merekah dan basah, serta puting susu yg memerah dan menonjol disekitar puting bulu bulu atau rambut halus sedikit berkurang, biasanya kita cukup mengkontrol dengan cara mengintip dari kejauhan, dan sesekali mengganti air minum+makanan dikandang, bila perlu tutuplah kandang agar indukan terasa nyaman.
Baca juga : Cara menjaga kesehatan pencernaan musang
Indukan yang terlihat kesulitan melahirkan, Sebaiknya sesegera mungkin ke dokter hewan untuk diperiksa lebih lanjut.

Musang betina yang sudah melahirkan biasanya akan merawat anaknya dengan baik, apabila tidak terganggu oleh lingkungan. 

Tetapi ada juga indukan musang yang merasa gelisah dan membawa sang anak berpindah pindah tempat, 
ada pula yg tidak mau menyusui selama beberapa jam/hari, sebaiknya ini harus segera ditangani oleh owner sendiri.

Untuk indukan yg stres bisa saja memakan anaknya saat dilahirkan, karna faktor ketidaknyamanan sang induk, yangg khawatir dengan sianak dll. 

Indukan akan menyusui sekitar 1-2 bulan lebih, tetapi kita bisa menyusuinya sendiri dengan susu lain sekitar 1-1,5 bulanan kurang lebih. 
Baca juga : Penyebab kerontokan bulu/rambut pada musang
Dan tetaplah berikan supan makanan yg baik saat indukan melahirkan, karena sedikit nutrisi dan tenaga induk telah diberikan ke anaknya disaat melahirkan. 

Dan ingat, sterilkan lingkungan kandang, sterilkan tangan saat memegang baby musang. Disaat baby masih berumur dibwah 1bulan jangan sering memegangnya, karena si induk terkadang tidak mau menyusui lagi krna bau dari tangan kita.

Sekian sedikit informasi mengenai cara menangani musang hamil sampai melahirkan.
semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar