Cara tepat mengobati distemper pada musang


musangbogor-mli.blogspot.com
Cara tepat mengobati distemper pada musang, Penyebab utama dari penyakit ini adalah virus cinine parvo, penyakit ini memiliki sifat akut sampai dengan sub akut jika tidak dilakukan penanganan yang benar, Pertama kali virus ini datang karena adanya ketidakseimbangan dalam sistem pencernaan musang. 
Baca juga : Penanganan ketika musang kita mencret
Hal tersebut membuat bakteri baik dalam sistem pencernaan berkurang dan digantikan oleh bertambah banyaknya bakteri jahat. Ditambah lagi dengan pola makan musang yang kurang sehat, maka dapat berakibat virus cinine parvoakan semakin berkembang yang kemudian menjadi awal mula penyakit distemper. 

Penyebaran virus ini bisa melalui udara, air liur, dari kotoran, kondisi kandang yg kotor dan ada hewan anjing atau kucing di lingkungan sekitar yang sedang terjangkit penyakit ini, Virus ini cepat menyerang musang yg kondisi tubuhnya sedang lemah 

Jika dibiarkan maka virus ini akan menyerang saluran pencernaan, saluran pernapasan, dan juga sistem saraf pusat yang dapat berakibat fatal bagi kelangsungan hidup musang. 
Baca juga : cara menjaga kesehatan pencernaan musang
Gejala musang terserang distemper :

1. Musang terlihat lesu atau tidak aktif seperti biasanya. 
2. Nafsu makan musang berkurang, lebih banyak berdiam diri. 
3. Feses musang cair dan baunya menyengat, tanda jika ada ketidakseimbangan bakteri dalam sisitem pencernaan musang 
4. Jika gejala ini tidak segera ditangani, maka musang akan memunculkan tanda seperti lumpuh, tubuh tidak bergerak, mulut mengeluarkan busa, sampai pada akhirnya mati. 

Cara mengobati musang yang terserang distemper :

1. Bersihkan dan sterilisasi kandang beserta perlengkapan memelihara musang, cuci bersih semuanya dengan menggunakan desinfektan. 

2. Pastinya musang yang terserang distemper akan mengalami dehidrasi, sebaiknya musang beri minuman berupa air kelapa setiap pagi dan sore hari. 

3. Untuk kelangsungan hidup musang, sebaiknya Anda paksa musang untuk makan. Berilah buah-buahan seperti pepaya atau pisang yang sudah dihaluskan, kemudian masukkan ke dalam pipet dan paksa musang untuk makan. Buah-buahan berperan baik untuk meningkatkan jumlah bakteri baik dalam sistem pencernaan. 
Baca juga : cara mengobati ambeien pada musang
4. Setelah memegang musang, sebaiknya anda langsung bilas kedua tangan dengan tambahan sabun. 

5. Namun, jika dalam kurun waktu 3 hari musang belum juga membaik, sebaiknya langsung bawa musang ke Dokter hewan terdekat untuk diberi penanganan lanjutan. Jika musang tidak segera dibawa, maka kebanyakan musang yang terjangkit virus ini tidak dapat tertolong. 

Cara mencegah musang terserang distemper :

1. Jaga kebersihan kandang dan juga seluruh perlengkapan musang, . 
2. Jangan lupa untuk menjemur musang paling tidak satu minggu sekali. 
3. Berikan musang vaksin distemper, caranya cukup datang saja ke Dokter hewan yang ada disekitarmu. 
4. Gizi untuk musang harus seimbang, buah-buahan dapat diberikan musang untuk setiap hari. Namun jika ingin menambahkan variasi atau makanan tambahan, dapat Anda beri makan musang dengan kepala ayam rebus. 
Baca juga : Prolapses pada musang
Sekian ulasan mengenai Cara tepat mengobati distemper pada musang
semoga bermanfaat dan dapat membatu bagi Anda yang sedang dilanda kebingungan dalam mengobati musang yang terserang distemper.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar