Menangani gigi taring musang yang membusuk


musangbogor-mli.blogspot.com
Menangani gigi taring musang yang membusuk, Biasanya terjadi karena dilakukannya penumpulan atau pangkur pada gigi taring musang yang dilakukan kurang benar atau dilakukan secara asal-asala yang mengakibatkan gigi taring musang pecah dan mengakibatkan pembusukan pada gigi taring musang tersebut. 
Baca juga : Cara mengobati distemper pada musang
Dan hal ini yang kadang tidak disadari oleh kita, terjadinya pembusukan tersebut biasanya terjadi dalam kurun waktu yang lama bahkan tahunan, 

taring musang yang ditumpulkan akan terlihat lubang kecil di tengah taring yg mnghubungkan syaraf ke ruang gusi musang, bahkan syaraf gigi terhubung ke syaraf kepala loh. 

salah satu dampak akibat gigi yg berlubang ialah masuknya bakteri dari sisa makanan dan air minum ke gusi, bahkan bisa mngakibatkan pembengkakan gusi dan bahkan mata musang. 

Bila kita perhatikan gigi musang yang ditumpulkan tanpa dirawat, biasanya terlihat dengan warna kecoklatan, berbeda dengan susunan warna gigi lainnya. 
Baca juga : Mengatasi terbentuknya buntut bengkok atau ekor spiral pada musang
Apabila itu terjadi, salah satu tips yang baik sih kita menyumpal taring yg sudah ditumpulkan tersebut dengan gips gigi ( biasanya hanya beberapa orang yg melakukanya), agar gigi terlihat rapih sesudah di tumpulkan. 

Akan tetapi banyak juga musang-musang yg tumpul/pangkur taringya masih sehat sampai sekarang. 

salah satu hal yang bsa dilakukan pada saat kita mengetahui taring yang kita tumpulkan pecah terlihat sampai ke gusi, sebaiknya dilakukan pencabutan, lakukan ke drh hewan yang mengerti, usahakan jangan lakukan sendiri apabila tidak faham, dan apabila tidak dilakukan biasanya akan mengalami pembusukan yangg cepat. 

Bila musang yangg dilakukan penumpulan taring di umur 1-2bulanan biasanya akan menanggalkan/mencopot taringya untuk penumbuhan taring baru, sebaiknya penumpulan taring disertai oleh orang yg paham dan pernah melakukanya, walaupun kami tidak menyarankan gigi musang di pangkur/di tumpulkan karena akan menyakiti musang kita. 
Baca juga : Cara mengobati jamur pada musang secara alami
salah satu penanganan gigi/gusi yg bengkak bisa di kompres dengan antobiotic betadine kumur yangg rendah alkohol y. 

lakukan sehari 2-3x untuk meringankan bengkak dan menghilangkan kuman, beberapa kasus musang kita males makan atau terjadi infeksi dalam mulut bisa juga diakibatkan dari bakteri tsb. 

untuk yg sudah terlanjur menumpulkan, selayaknya dirawat dgn baik saja. bila terjadi sesuatu hub klinik/vet terdekat agar musang kita terjaga kesehatanya.

Semoga bermanfaat.


Sumber : Musang Lovers Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar