Mengatasi terbentuknya buntut bengkok atau ekor spiral pada musang


musangbogor-mli.blogspot.com
Mengatasi terbentuknya buntut bengkok atau ekor spiral pada musang,
Ekor bengkok atau biasa di sebut dengan ekor spiral pada  musang, adalah suatu ketidaknormalan pada buntuk atau ekor musang yang di akibatkan oleh beberapa sebab,  dan terbentuknya buntut/ekor seperti ini biasanya dikarenakan :
1. kandang tempat yg kurang luas/ terlalu kecil yg mengakibatkan musang mengangkat buntutnya, perlu diketahui buntut musang apabila dikandang dia selalu mengangkat agar tidak menyentuh tanah/alas kandang,
hal tersebut biasanya mengakibatkan buntut tertarik keatas karena terlalu sering otot akan tertarik dan terlihat kaku,

2. terjadinya buntut spiral/ melengkung karena faktor alam (biasanya disaat dapat dari alam buntut ada yg melingkar).

Hal ini tidak terjadi pada semua musang, apabila teman2 ada yang mngetahui buntut musangya yangg tadinya normal dan sekarang aga bengkok / spiral sebaiknya konsultasikan ke dokter dan biasanya akan diberikan suntikan therapy/vit.
Baca juga : Penyebab kerontokan bulu atau rambut pada musang
CARA MENGATASI TERBENTUKNYA BUNTUK BENGKOK ATAU EKOR SPIRAL PDA MUSANG.

1. Sedikan kandang yang layak untuk musang ukuran kandang lebih besar/tinggi lebih baik guna menghindari terbentuknya buntut melengkung/ spiral pada musang. 
Terbentuknya buntut melengkung pada musang biasanya berbentuk "L" "S" dan spiral (melingkar). 

2. air hangatpun bisa membantu sedikit untuk memulihkan buntut yang agak bengkok ( sebelum permanen) dengan cara mengompres/memakai kain handuk yg di berikan air panas/hangat terus di balutkan ke bagian2 ekor yg terlihat melingkar, lakukan dengan memijat2 ke arah yg berlawanan dibagian yg begkok perlahan, biasanya saya melakukan minimal stengah jam.
memang hal ini hanya sedikit membantu buntut tersebut merenggangkan otot-otot yg kaku/tertarik. terapi ini saya lakukan sebulan terakhir ,alhamdulillah sedikit membantu dan ada perubahan. 

Saya mengetahui buntut musbul saya agak melingkar sekitar 2bulan lalu,maka sejak itu saya periksakan ke klinik hewan,

kandang saya berikan agak panjang dan terdapat tingkatan/ sekat yg bisa dia gunakan tidur di bagian separuh dari kandang tsb,makan ekor akan menjulur kebawah ..

3. penjemuran rutin di pagi hari juga berguna, dengan memijat perlahan bagian ekor, Dari beberapa musang yg pernah saya pelihara, 3 diantaranya mempunyai buntut yangg hampir melingkar..

setelah dibawa keklinik, buntut musang dan tulang tsb Normal, hanya saja otot dan syaraf tertentu yg tertarik membentuk L/S,
Baca juga : Cara mengobati jamur pda musang secara alami
sebelum terjadi permanen maka saya melakukan terapi sendiri...!!
*biasanya saya menarik perlahan sampai buntut musang terlihat lurus, apabila buntut musang permanen atau sudah lama begkok, itu akan sangat susah / tidak bisa kembali normal,

terapi ini hanya ditunjukan untuk para pemelihara yang tadinya buntutnya normal terjadi perubahan fisik (melengkung/bengkok).
buntut musang melengkung,lurus, bentuknya kaya keris sebaiknya dipelihara dengan baik saja, toh kita ini penyayang musang/ hewan, so.. jangan patah semangat, semua musang baik / bagus, dan semua owner punya seleranya sendiri dalam memelihara/memilih musangya.

semoga tulisan ini sdikit membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar