Mengatasi bulu gimbal pada musang


Mengatasi Bulu Gimbal Pada Musang
musangbogor-mli.blogspot.com 

Mengatasi bulu gimbal pada musang,Bulu/rambut gimbal pada musang sering kita jumpai, bulu gimbal juga dapat mengakibatkan beberapa penyakit ditubuh musang dan bila sudah parah harus dibersihkan dengan treatment khusus. 
Baca juga : Cara menangani ekor musang yang putus

Bulu gimbal pada musang disebabkan oleh :

1. kelembapan yg tinggi diarea kandang, 
2. sehabis mandi jarang disisir
3. sehabis mandi bulu tidak segera dikeringkan, 
4. bulu terkena pup+pee musang dikandang, 
5. bulu terkena bekas sisa makanan, 
6. bulu mengalami hairloss yg tidak terawat sehingga tumbuhnya bulu kurang baik, 
7. musang menglami sakit , dan 
8. musang kurang terawat. 

Adapun untuk menangani bulu gimbal pada musang ini, kita hanya perlu menyisirnya setiap hari, sampai bulu gimbal rontok dan tercabut. Lakukan sebelum musang dimandikan.

Bulu gimbal juga bisa diatasi dgn cara mengunting/ mencukurnya apabila sudah tidak bisa di sisir, Sisir yg digunakan bisa buat sisir kucing untuk grooming.
Baca juga : Penyebab kerontokan bulu/rambut pada musang
Bulu gimbal pada musang bila tidak ditangani akan megakibatkan jamur, ketombe, kutu, scabies dll. Karena menjadi sarang penyakit kulit khususnya. 

Untuk tahap selanjutnya setelah disisir, mandikan musang dgn shampo, dan berikan sedikit dettol untuk membersihkan ketombe dan kotoran di pori-pori kulit. Bisa juga dengan shampo khusus hewan. 

Gosok perlahan di sekitar badan, dan bisa disertai dengan menyisir bulu disaat masih ada shampo yg menempel. Setelah dimandikan, berikan handuk dan keringkan musang, setelah beberapa jam, bisa di sisir ulang. 

Penyisiran bulu musang bisa dilaukan sehari 1x-2x sehari. Berikan makanan yg baik,nutrisi yg baik.. Khususnya makanan berprotein agar bulu tumbuh dgn baik pula. 
Baca juga : Cara menjaga kesehatan pencernaan musang
Untuk jamur dan penyakit kulit yg ditimbulkan bulu gimbal, bisa segera ke dr hewan/ membeli obat salep khusus hewan, salep jamur dan scabies dll. 
Dalam beberapa kasus, harus diberikan suntikan khusus bulu/kulit yg bermasalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar