MANFAAT NORIT UNTUK MUSANG YANG SAKIT DAN KERACUNAN


musangbogor-mli.blogspot.com
Manfaat Norit untuk musang yang sakit dan keracunan, Norit (charcoal) merupakan obat absorben atau penyerap bahan racun atau gas yang berada di dalam alat pencernaan. Obat ini dijual dalam bentuk tablet. Dosisnya untuk musang 1-2 tablet/ekor. Pemberiannya cukup hanya sekali saja.

Bila suatu saat kalian menemukan musang anda buang air besar selama beberapa kali dalam beberapa jam dan kotoran yang dikeluarkan encer atau lembek, namun musang kesayangan tersebut masih lincah meski sudah tidak mau makan dan dokter hewan yang kalian percayai posisinya jauh atau tidak dapat dihubungi, 

maka berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk memberikan pertolongan pertama :

1. Berikan tablet arang, Norit, dengan dosis sesuai berat badan musang.
Untuk musang dengan usia 6 bulan ke atas berikan norit kurang lebih 2 tablet, sedangkan untuk musang dengan usia 6 bulan ke bawah cukup berikan norit kurang lebih 1 tablet norit, Pemberian dapat diulang setelah 6 jam kemudian.
2. Apabila musang sama sekali tidak mau makan maka berikan kuning telur setengah matang dengan cara mempipetkannya. di pet shop sekarang juga tersedia makanan kucing atau anjing basah bernutrisi dan vitamin yang dapat digunakan sebagai pengganti makanan sementara saat musang sakit (Royal canin atau science diet). gel tersebut tinggal diusapkan ke lidah musang dan akan terserap dengan sendirinya.

3. Banyak pemilik musang merasa minyak kayu putih berbahaya dan terlalu panas buat dioleskan ke perut musang, namun minyak kayu putih sering kali justru membantu mengatasi diare di musang dan aman digunakan.

4. Berikan obat cacing apabila anda belum pernah memberikan obat cacing ke musang tersebut.
5. Diare yang bukan disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri ganas seharusnya bisa sembuh dalam waktu maksimal 2x24 jam dan musang akan tetap lincah, jadi apabila melebihi waktu atau sebelum waktu tersebut hewan sudah tampak lemas tersebut maka sebaiknya segera dibawa ke atau menghubungi dokter hewan terdekat.

Foto dibawah ini adalah contoh dari produk Norit
(Dan sharing kesehatan ini tidak ada unsur komersil didalamnya)


Sekian ulasan mengenai Manfaat Norit untuk musang yang sakit dan keracunan, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar