WASPADA, AMUBA /JAMUR PADA MAKANAN MUSANG!!


musangbogor-mli.blogspot.com
Waspada, Amuba/Jamur pada makanan musang, Pernahkah kalian melihat musang yang kita pelihara mengalami muntah-muntah dan pup encer disertai berbau menyengat..??


apabila itu pernah terjadi, hal tersebut biasanya dari virus tapi disini juga di temukan bahwa musang yang mengalami muntah-muntah dan pup encer di akibatkan oleh jamur/amuba. 

Darimana jamur/amuba tumbuh ?
Baca juga : Penanganan ketika musang kita mencret
1. jamur/amuba tumbuh pada makanan musang yang sudah kadaluarsa, bisa juga sisa makanan musang yang menempel dan berbau di dalam kandang yang tidak dibersihkan.
2. biasanya juga ada pada makanan instant seperti, dog food dan cat food yang sudah berjamur dan makanan lainya.
3. akan tetapi hal ini tidak terjadi pada setiap musang, kita akan mengetahuinya apabila musang dibawa keklinik dan dilihat dari hasil lab, apakah musang kita keracunan,terkena jamur atau virus. 

Gejala yang terlihat pada musang yang keracunan yang disebabkan jamur/amuba : 

pola makan musang normal akan tetapi dalam waktu 1 hari sampai 1 minggu, musang akan mengalami muntah-muntah,pup yang encer dan berbau, dan biasanya diiringi menurunya napsu makan, dan lemas tak berdaya. 
Baca juga : Manfaat MADU dan VCO untuk musang
Cara penanganan bangi musang yang mengalami pup encer dan berbau : 

1. apabila kalian melihat kondisi musang seperti itu, berikan minum air putih (air mineral) yang banyak, minuman ber ion seperti air kelapa ijo, pocari dll, agar tubuh si musang tidak mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan tubuh, dehidrasi pada musang sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan turunnya berat badan , lemas, dan bahkan kematian pada musang. 

2. Oralit juga bisa di berikan kepada musang yang mengalami pup encer dan berbau, seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya mengenai manfaat oralit untuk musang yang sakit dan keracunan

3. Usahakan jangan berspekulasi dulu tentang penyakit musang yang di deritanya, Bawalah ke dokter hewan / klinik hewan terdekat untuk mengetahuinya. 

Cara mencegah terjadinya virus/jamur : 

1. lakukan pergantian makanan lama ke makanan baru. 
2. sisa makanan pagi tidak diberikan sampai sore/ malam 
3. bersihkan tempat minum, Tempat makan, Dan kandang, terlebih untuk kolong/bawah kandang. 
karena jamur/amuba suka berada dalam kandang, mkanan yangg membusuk/kadaluarsa dan genangan kotoran pee dan pup musang.. 
Baca juga : Cara menjaga kesehatan pencernaan musang
Sekian ulasan mengenai WASPADA, AMUBA /JAMUR PADA MAKANAN MUSANG!! 

kurang lebihnya mohon maaf, kritik dan saran bisa melalui kontak kami atau silahkan tulis di kolom komentar, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar