Mengetahui Habitat dan Perilaku hewan Musang


Habitat dan perilaku musang

Habitat musang

Habitat musang aslinya yaitu hutan sekunder di wilayah Asia. juga tak jarang musang terlihat di pemukiman penduduk, bisa di desa maupun kota-kota untuk mencari makan. Musang bisa hidup di perkebunan, pegunungan, dan daerah hutan tropis.

Baca juga : Apakah gigitan musang berbahaya ?

MENGENAL HABITAT HEWAN MUSANG

Musang pandan dapat dijumpai di di wilayah Srilangka, Nepal, Thailand, India, Bangladesh, Singapura, Laos, Brunei Darussalam, Sabah, Kamboja, Vietnam, bawean, Filipina, Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, cina, dan Siberut.

Sebagai akibat dari rusaknya hutan habitat musang, sebagian spesies mulai berkurang secara drastis jumlahnya. Contohnya, musang pandan Hose yang berasal dari bagian utara Borneo dan otter civet yang terancam punah.

Di habitat alaminya, musang cenderung menghabiskan waktu di atas pepohonan alias arboreal. Pola hidup arboreal ini disokong oleh keahlian musang dalam memanjat pohon-pohon.

Baca juga : Karakter Musang!!

PERILAKU HEWAN MUSANG

Aslinya, musang adalah satwa nokturnal yang aktif mencari makan pada malam hari, sekitar pukul 18.00 sampai 04.00. Tetapi, setelah didomestikasi, pola hidupnya dapat diubah secara berjenjang untuk menyesuaikan diri dengan kultur pemiliknya.

Musang merupakan satwa soliter dan tidak hidup dalam koloni.
Sebagai binatang nokturnal, musang mempunyai kecakapan pendengaran dan penglihatan yang amat baik. Uniknya, meski diletakkan dalam ordo karnivora, musang sesungguhnya yaitu omnivora.Pun, musang pandan digolongankan sebagai herbivora.

Baca juga : Mengenal sifat dan karakter musang

makanan yang disukai musang yaitu buah-buahan, serangga, dan hewan kecil. Perilaku menandai wilayah teritorial dengan bau-bauan serta respons penciuman kepada sekresi kelenjar perineum, urine, atau kotoran berbeda antara musang jantan dan betina. 

Untuk menandai wilayahnya dilakukan dengan cara menggosokkan kelenjar perineum di suatu objek dan meninggalkan sekresi berupa bebauan khas pada objek tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar