Cara menjinakan musang pandan yang masih liar


Musang pandan liar

Cara menjinakan musang pandan yang masih liar

        Perlu keberanian dari pemilik untuk menjinakkan musang, anda harus siap tangan kena gigit ataupun cakar oleh musang. Usahakan semua perlakuan dilakukan dengan tangan, agar dia terbiasa.

Berikut ini tips dalam cara menjinakan musang pandan yang masih liar :

1. Penempatan Musang Pandan Yang Masih Liar

        Tempatkan musang pandan liar di dalam kandang yang kuat. Anda dapat membelinya di pet shop ataupun pasar hewan.

2. Tahap Awal Dalam Menjinakan Musang Pandan Liar

        Di minggu awal sering-sering mandikan si musang, hal ini dilakukan untuk mengurangi insting liarnya. Lakukan setidaknya dua hari sekali dengan sikat panjang (bisa sikat WC), 

Jangan pakai tangan jelas beresiko, setelah mulai jinak, kurangi intensitas pemandian.

3. Memberi makan pada musang pandan yang masih liar

Beri makan 2-4x dalam sehari, makanan yang bisa diberikan adalah buah-buahan segar dan seminggu sekali beri daging, bisa daging ayam ataupun bekicot yang sudah direbus.

Besar potongan buah, setidaknya bisa masuk mulut si musang. Saat memberi makan gunakan tangan secara langsung (handfeed). 

Kalau bisa jangan gunakan sarung tangan, karena terkadang hal ini bisa menyebabkan musang menjadi takut. Penggunaan tangan langsung juga dapat mempercepat kedekatan pemilik dan peliharaan.

4. Ngomong dengan musang

        Memang aneh, Namun jangan sungkan untuk mengajak musang untuk ngomong atau ngobrol dengannya. untuk di ajak ngomong pada saat memberikannya makan, agar musang tidak kagetan dan terbiasa dengan suara manusia.

Saat ini adalah waktu yang tepat jika anda ingin memberi nama peliharaan ini. Sesering mungkin setiap interaksi dengannya entah itu memberinya makan ataupun mengajaknya bermain, pastikan simusang di ajak ngomong, bisa dengan memanggil namanya atau mengekspresikan apa yang ingin anda katakan dengannya.

5. Intensitas gigitan berkurang

        Setelah self defence musang mulai menurun (intensitas gigitan berkurang) maka saat memberi makan cobalah elus elus belakang kepala musang anda.

Jika musang akan menoleh, segera tarik tangan keluar kandang. Perlakukan dia dengan baik dan jangan melakukan gerakan yang mengagetkannya.

6. Mengajak musang bermain diluar kandang

        Langkah terakhir cara menjinakan musang pandan adalah dengan mengajaknya bermain  keluar kandang bertemu dengan orang di sekitar anda.

Tentunya sambil diberi makan dengan cara handfood dan jangan lupa untuk memakaikannya harnes untuk agar si musang tidak kabur dan lebih mudah dalam menghandlingnya.

Jangan buru buru mengendongnya jika musang belum benar-benar jinak.

7. Menggendong Musang

        Trik jika ingin mengendong adalah dengan mengangkat musang sebentar lalu turunkan lagi, angkat lalu turunkan. Sering sering lakukan hal ini berulang ulang agar musang tidak lagi kaget.

Seiring berjalannya waktu maka musang akan terbiasa hidup dengan manusia. Layaknya kucing, dia akan mengikuti anda untuk meminta makan

Tapi yang namanya hewan pemangsa, walaupun sudah jinak sesekali musang masih akan melakukan gigitan gigitan, sebagai tanda untuk minta makan ataupun ngajak bermain.

Oh ya terakhir, kalau musang nya ekor sembilan, panggil Naruto untuk menjinakannya
Semoga bisa menambah wawasan kita semua dalam dalam memelihara hewan musang.
terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar