APAKAH GIGITAN MUSANG BERBAHAYA ?


gigitan musang

Apakah gigitan musang berbahaya?

pertanyaan ini sering muncul dari sebagian orang yang baru mengenal atau baru memelihara hewan musang, entah itu karna rasa penasaran ataupun karena yang secara tidak sengaja mereka terkena gigitan musang untuk pertama kalinya, tidak sedikit dari masyarakatpun yang bertanya mengenai hal ini ketika kami sedang melakukan sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat sekitar.

Lantas Apakah benar gigitan musang itu berbahaya ?

Baca juga : Tips cara memelihara dan merawat Garangan

Dari beberapa dokter hewan yang kami temui menjelaskan bahwa belum ada literatur yang secara pasti menegaskan bahayanya digigit musang. 

Tidak seperti gigitan anjing yang dapat menimbulkan rabies, atau gigitan ular yang dapat menimbulkan keracunan, 

Gigitan musang umumnya menimbulkan peradangan lokal seperti :

  • Bengkak
  • Kemerahan dan
  • Rasa pegal di area sekitar yang terkena gigitan

Nyeri yang timbul ini umumnya dapat diatasi dengan kompres dingin pada daerah yang nyeri dan mengkonsumsi penahan nyeri yang dijual bebas seperti, Paracetamol atau Ibuprofen, tentunya dengan memperhatikan petunjuk pemakaian. 

Bila terdapat luka terbuka, tentunya perlu dilakukan penutupan luka di rumah sakit dan pemberian antibiotik untuk mencegah infeksi yang mungkin terjadi akibat gigitan musang. 

Jangan lupa untuk melakukan kontrol mengenai keluhan Anda pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Itulah sedikit bahasan mengenai pertanyaan Apakah gigitan musang berbahaya?, Jadi , apakah gigitan musang itu berbahaya atau justru malah berbahaya ? Tulis pendapat kalian, kritik dan saran dikolom komentar guys,  Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

3 komentar:

  1. Apakah gigitan musang yang tidak divaksin bisa menyebabkan rabies?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya kenali terlebih dahulu apa itu rabies ? Seperti apa ciri hewan yang terkena Rabies ?

      Apabila musang tidak terkena penyakit rabies maka tidak akan menyebabkan rabies sekalipun belum di Vaksin,

      Hapus
  2. Terima kasih penjelasannya mengenai gigitan musang berbahaya atau tidak. Karena saya baru saja memelihara musang sekitar dua bulanan barusan pas saya kasih makan karena tangan sebelah kiri saya pegang kertas minyak mungkin dikira makanan akhirx tangan kiri saya kena gigit tapi pas ditulang atas jari jempol. Gk sakit cuma ada rasa ngilu. Terima kasih pencerahannya🙏🙏👍👍😘😘

    BalasHapus