FUNGSI DAN MANFAAT VAKSIN PADA MUSANG


Fungsi dan manfaat vaksin pada musang

FUNGSI DAN MANFAAT VAKSIN PADA MUSANG

Pada artikel sebelumnya mengenai Memahami Vaksin Pada Musang kita sudah membahas mengenai Apa Itu Vaksin ? dan Mengapa Vaksin Dibuat ?.

Setelah kamu memahami tentang vaksin, tentu pertanyaan berikutnya yang akan muncul adalah apa manfaat vaksin sehingga kita perlu memberikan vaksin tersebut pada musang kesayangan yang kita pelihara. 

MANFAAT VAKSIN BAGI MUSANG

Apa saja manfaat yang akan diberikan dari pemberian vaksin yang rutin pada musang kesayangan yang kita miliki? 

Berikut ini beberapa manfaat pemberian vaksin pada musang,

Baca juga : Apakah vaksinasi pada musang itu penting ?

1. Memberi kekebalan pada virus tertentu 

Manfaat pertama dan mungkin paling umum diketahui masyarakat pada umumnya adalah meningkatnya kekebalan tubuh musang pada virus tertentu akibat pemberian vaksin secara rutin dengan dosis dan jangka waktu pemberian yang tepat sesuai dengan umur musang.

Hal ini wajar mengingat vaksin pada dasarnya dibuat untuk membantu sistem imun tubuh memiliki kekebalan dan dapat mengenali jenis-jenis virus yang masuk ke dalam tubuh kemudian melumpuhkannya,

Apabila virus tersebut dikenali dan dapat dilumpuhkan dengan antibodi yang cocok yang terbentuk setelah pemberian vaksin pada musang ketika musang sehat dan dapat menerima vaksinasi.

Hanya saja perlu disadari bahwa masalah cacingan agaknya tidak dapat ditangani dengan vaksin pada umumnya, oleh karena itu kamu bisa menerapkan cara mengobati musang cacingan khusus yang dapat menangani masalah cacingan pada musangmu, dengan pemberian obat cacing. 

Baca juga : Memahami vaksin pada musang

2. Meningkatkan daya tahan tubuh pada penyakit tertentu 

Manfaat berikutnya, yang berkaitan erat dengan manfaat yang pertama dan mungkin juga pada umumnya banyak diketahui masyarakat, yaitu adanya peningkatan daya tahan tubuh musang pada penyakit yang diakibatkan oleh virus tertentu akibat pemberian vaksin secara rutin dengan dosis dan jangka waktu pemberian yang tepat sesuai dengan umur musang. 

Manfaat ini didapatkan karena pemberian vaksin pada dasarnya dibuat untuk membantu sistem imun tubuh memiliki kekebalan dan dapat mengenali jenis-jenis virus yang masuk ke dalam tubuh kemudian melumpuhkannya apabila virus tersebut dikenali dan dapat dilumpuhkan dengan antibodi yang cocok yang terbentuk setelah pemberian vaksin pada musang ketika musang sehat dan dapat menerima vaksinasi. 

Oleh karena itu, penyakit-penyakit yang disebabkan karena virus-virus tersebut, akan dapat diatasi oleh sistem imun tubuh dengan cara relatif mudah karena memiliki kekebalan yang meningkat terhadap penyakit tersebut. 

3. Mengurangi kemungkinan serangan penyakit tertentu 

Baca juga : Cara tepat mengobati Dsitemper pada musang

Oleh karena sistem imun tubuh yang dimiliki oleh musang semakin kuat, maka manfaat berikutnya yang akan dimiliki oleh musang akibat pemberian vaksinasi yang teratur dan tepat adalah menurunnya kemungkinan musang terserang penyakit tertentu yang diakibatkan oleh virus yang sesuai dengan jenis virus yang divaksinasi tersebut. 

Oleh karena itulah, musang yang rutin divaksinasi dengan tepat biasanya akan jarang sakit sampai parah karena adanya serangan virus tertentu, dan apabila terjangkit penyakit pun, biasanya musang dapat sembuh dengan relatif lebih cepat bila dibandingkan dengan musang-musang yang tidak diberikan vaksinasi secara rutin dan tepat sesuai dosis sejak masa pertumbuhannya. 

4. Mencegah terjangkit penyakit 

Dengan kuatnya sistem imun tubuh musang, maka manfaat berikutnya yang akan dirasakan oleh musang dan dapat Anda amati adalah semakin rendahnya kemungkinan musang akan terjangkit penyakit.

Bahkan cenderung akan berhasil dicegah sedari awal virus pembawa tersebut masuk ke dalam tubuh musang yang kita miliki.

Oleh karena itulah, pemberian vaksin dapat membantu musang untuk senantiasa sehat dalam jangka waktu yang lama ataupun ketika terpapar serangan virus-virus tertentu. 

Tetapi untuk penyakit-penyakit tertentu, kamu tetap perlu menerapkan cara pencegahan tersendiri sebagaimana pada cara mengobati musang sakit lemas. 

Baca juga : Cara mengawinkan musang yang benar

5. Meningkatkan kesejahteraan peternak musang 

Oleh karena kemungkinan musang terserang penyakit semakin rendah, maka biaya perawatan kesehatan yang perlu dikeluarkan oleh para pemelihara musang juga akan semakin rendah.

Oleh karenanya tingkat kesejahteraan para pemelihara musang pun akan meningkat, atau bila tidak demikian, dana lebih atau dana sisa dari hasil perawatan musang pada jangka panjang dapat dialokasikan untuk hal lain seperti misalnya untuk membeli pakan musang yang berkualitas, atau untuk membuat atau membangun kandang musang yang ideal, memperbaiki kandang musang, membeli anakan musang baru, atau melakukan hal lain sesuai dengan kebutuhan para pemelihara musang. 

Buat kamu yang Pelajar/mahasiswa, tentu saja kelebihan dana ini dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan taraf hidupmu sendiri. 

Seperti misalnya membeli makan yang bergizi, membeli buah, membeli pulsa atau kuota internet untuk mengerjakan tugas, dan lain sebagainya. Pokoknya, kamu bisa memanfaatkan dana tersebut untuk hal-hal yang bermanfaat deh. 

Baca juga : Cara menjaga kesehatan pencernaan musang

6. Menjaga kesehatan musang 

Tentu saja dengan pemberian vaksin yang teratur sehingga sistem imun tubuh musang benar-benar memiliki kemampuan untuk mendeteksi virus dan melumpuhkannya sejak dini,

Maka kesehatan musang pun akan semakin terjaga bahkan besar kemungkinan kucing yang kamu miliki tidak akan sakit lagi pada serangan virus yang sama, 

Apabila kamu rutin menjaganya dan memberinya asupan gizi yang seimbang sehingga sistem imun tubuh musangmu dapat bekerja dengan maksimal dalam mencegah infeksi-infeksi virus berkembang lebih lanjut pada tubuh musang yang kamu pelihara. 

Hanya saja pada penyakit tertentu, perlu diperhatikan hal lain selain pemberian vaksin yang memang dibuat untuk menyasar virus tertentu sehingga tidak dapat menangani infeksi bakteri dan sejenisnya. 

Oleh karena itu kamu tetap perlu memerhatikan gejala-gejala penyakit tertentu, seperti misalnya penyakit mata, kulit pada musang dan menanganinya dengan tepat. 




*Sumber : musang lovers indonesia reg. bekasi dan sekitarnya (zombie's)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar