MEMAHAMI VAKSIN PADA MUSANG


Memahami vaksin pada musang

Memahami vaksin pada Musang ,Ada baiknya sebelum membahas Manfaat Vaksin Pada Musang, kita mengetahui terlebih dahulu apa itu vaksin dan mengapa dia dibuat, dengan demikian kamu dapat membedakan mana yang disebut dengan vaksin dan mana yang bukan. 

Dengan begitu kita tidak akan salah memilih vaksin atau obat ketika berada di toko obat hewan atau apotek hewan untuk membeli vaksin yang kita diperlukan. 

Pada dasarnya, vaksin adalah suatu virus yang dilemahkan, sehingga membantu sistem imun tubuh untuk membentuk semacam antibodi atau kekebalan terhadap virus yang sama pada masa depan ketika virus tersebut mungkin menyerang pada subjek yang diberi vaksin tersebut. 

Vaksin musang agak berbeda dengan zat-zat yang bisa digunakan dalam salah satu bahan dalam cara mengatasi jamur pada musang atau pada cara menghilangkan jamur pada musang. 

Vaksin untuk musang diberikan dengan cara memasukkannya melalui sebuah perantara ke dalam sistem infeksi musang sehingga dapat menstimulasi sistem imun musang agar dapat bekerja lebih optimal melawan penyakit. 

Pada umumnya, setelah proses vaksinasi selesai, akan muncul reaksi-reaksi tertentu yang bersifat ringan sebagai bentuk respons sistem tubuh musang atas pemberian vaksin tersebut. 

Salah satu contoh dari reaksi tersebut, musang akan bertingkah sedikit aneh atau timbul pembengkakan pada bagian yang menjadi saluran masuk vaksin tersebut sesaat setelah vaksinasi.

Namun, tidak semua musang mengalami hal itu alias bersifat tentatif. 

Untuk musang yang sering menderita flu, maka cara mengobati musang flu salah satunya dapat dicoba dengan menggunakan vaksin tertentu. 

Perkembangan teknologi membawa perkembangan pada teknologi vaksin yang dapat meminimalisir risiko efek samping atau alergi akut pada musang. 

Akan tetapi apa yang perlu dilakukan apabila musang terkena efek samping dari vaksinasi tadi? Kamu tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya karena hal itu memang wajar terjadi. 

Tidak butuh waktu lama, beberapa saat kemudian musang akan kembali ke keadaan normal. 

Akan tetapi apabila keanehan tersebut terjadi cukup lama, maka kamu boleh membawa musangmu ke dokter hewan terdekat yang ahli dan tepercaya untuk memeriksa musang kesayanganmu. 

Dan yang perlu diketahui adalah, masa pra vaksin hingga paska vaksin. Biasanya musang yang akan di vaksin harus dalam kondisi yang sehat, tidak dalam kondisi mencret atau gejala klinis lainnya.

Dan paska vaksin, musang harus di karantina selama 7 hingga 10 hari. Seperti dijauhkan dari musang yang belum vaksin, tidak boleh dimandikan, dipantau pup dan pep nya. 

Apabila ada perubahan yang signifikan dan tidak wajar, dapat langsung menghubungi dokter hewan di sekitar anda. 

Vaksin yang di pergunakan oleh musang biasanya perpaduan antara 2 jenis vaksin, yaitu vaksin anjing dan vaksin kucing. Karena sejatinya, BELUM ADA Vaksin yang diperuntukan khusus untuk Musang.

Baca juga : Cara memelihara musang pandan

Tetapi untuk musang yang baru pertama kali vaksin, biasanya saya pribadi menggunakan vaksin Anjing dengan merk Eurican atau Vanguard. Dan batas minimal vaksin adalah musang yang berbobot minimal 1kg. 

Demikian ulasan mengenai MEMAHAMI VAKSIN PADA MUSANG, Semoga membantu dan bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar