13 CARA MENGATASI GEJALA KESELEO ATAU TERKILIR PADA MUSANG


musangbogor-mli.blogspot.com
Ulasan kali ini bersumber dari Musang Lovers Indonesia Reg. Bekasi dan Sekitarnya (ZOMBIE'S) yang di tulis oleh Rendy Fachri Cahyani, tentang 13 cara mengatasi gejala keseleo atau terkilir pada musang, berikut ini penjelasannya. 


Musang merupakan hewan yang senang untuk bermain dan beraktivitas, tetapi terkadang aktivitas yang dilakukannya dapat menimbulkan cedera seperti keseleo. Meskipun keseleo merupakan cedera yang sering ditemukan pada musang, hal ini dapat membatasi pergerakan musang dan juga menyebabkan rasa nyeri yang cukup kuat pada musang. Untuk itu kali ini saya akan memberikan 13 cara mengatasi musang keseleo agar dapat membantu meringankan rasa nyeri yang dialami oleh musang sekaligus meminimalkan cedera yang lebih parah. 

Baca juga : Cara menangani gigi taring musang yang membusuk

1. Mengenal Gejala Keseleo

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum melakukan pertolongan pertama pada musang anda yang keseleo adalah dengan mengenali gejala keseleo. Anda perlu tahu gejala keseleo untuk menentukan apakah musang anda benar-benar keseleo atau terdapat cedera lain seperti retak atau patah tulang. Keseleo pada musang biasanya terjadi di bagian lengan dan lutut. 

Beberapa ciri bahwa musang anda mengalami keseleo adalah: 

a. Berjalan pincang.
b. Berjalan timpang atau bahkan tidak bisa berjalan sama sekali.
c. Terdapat bengkak.
d. Rasa nyeri yang terdeteksi saat kita pegang (reaksi marah)
e. Terdapat perubahan bentuk pada daerah cidera. 
Baca juga : Cara mengobati Distemper pada musang
2. Melihat Perubahan Perilaku dan Fisik

Pada saat musang mengalami keseleo, terkadang terdapat ciri-ciri fisik seperti adanya bengkak atau kemerahan di sekitar pergelangan kaki yang mengalami cidera. Selain itu anda dapat melihat musang yang menjilati area yang cidera tersebut. Selain dari ciri-ciri fisik, anda juga dapat melihat perubahan perilaku pada musang yang mengalami keseleo. Musang dapat mengalami perubahan nafsu makan yang dilihat dari sisa makanan yang masih banyak. Musang juga tidak banyak beraktifitas dan memilih untuk tidur lebih lama dari biasanya. Selain itu musang juga akan marah jika pergelangan kaki yang keseleo disentuh atau digerakkan. 

3. Membatasi Pergerakan Musang 

Setelah anda menyadari bahwa musang anda mengalami keseleo, hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mencegah musang anda untuk bergerak terus menerus. Jika musang anda tetap berlari dan bermain, hal yang ditakutkan adalah cidera yang dialaminya akan semakin memburuk. Anda dapat memasukkannya sementara ke dalam kandang agar dia tidak terus menerus berlari dan bermain. 
Baca juga : Cara mengobati ambeien pada musang
4. Memeriksa Musang Dengan Penuh Perhatian 

Ketika musang mengalami cidera seperti keseleo, dia akan merasakan nyeri yang disebabkan karena cideranya tersebut. Untuk itu saat anda ingin memeriksa musang anda, pastikan bahwa anda memeriksa tubuhnya dengan penuh perhatian dan perlahan. Hal ini di karenakan musang dapat melukai anda karena dia merasa kesakitan dan ketakutan. Pegang dan peluk dia saat memeriksa tubuhnya. Saat memeriksa pastikan anda memeriksa dengan perlahan dan lembut. Bila perlu anda dapat menenangkan musang anda dengan suara yang lembut agar dia tidak terpancing untuk marah. 

5. Membawa Musang ke Dokter Hewan 

Cara yang paling efektif untuk merawat musang yang keseleo adalah dengan membawanya ke dokter hewan. Setelah anda melakukan langkah-langkah di atas, anda dapat membawa musang anda ke dokter hewan terdekat untuk mendapat perawatan lebih lanjut. 
Baca juga : Prolapsus pada musang I Ciri,Penyebab dan cara merawat
Setelah anda melakukan janji dengan dokter hewan, anda dapat membawa musang anda dan menjelaskan permasalahan yang dialami. Saat anda membawa musang yang keseleo ke dokter hewan, pastikan bahwa anda meletakkannya di dalam kandang (Kennel cab) selama perjalanan. 

Hal ini dapat mencegah resiko musang anda mengalami cidera yang lebih parah. (carilah dokter hewan dan tempat praktek yang terpercaya untuk memeriksa dan mengobati musang anda) 

6. Melakukan Pemeriksaan Tambahan

Pada saat musang berada di dokter hewan, dokter tersebut dapat melakukan pemeriksaan tambahan untuk mengetahui masalah yang sebenarnya terjadi. Pemeriksaan tambahan ini dapat membantu dokter hewan menentukan diagnose dan menyusun rencana perawatan yang terbaik bagi musang anda. 
Baca juga : Penanganan ketika musang kita mencret
Pada tahap awal dokter akan melihat dan menyentuh beberapa lokasi untuk melihat apakah terdapat bengkak, hangat, atau nyeri. Setelah itu dokter hewan akan meminta musang anda untuk berjalan, duduk, dan berbaring. Jika kedua tindakan ini belum dapat menentukan penyebab cidera, dokter akan melakukan X-Ray atau CT-Scan terhadap musang anda agar dapat melihat dengan jelas cidera yang terjadi. (carilah dokter hewan dan tempat praktek yang terpercaya untuk memeriksa dan mengobati musang anda) 

7. Melakukan Terapi Fisik

Saat mengalami cidera seperti keseleo, musang terkadang juga memerlukan terapi fisik untuk meningkatkan pergerakannya dan membantu proses penyembuhan. Anda dapat melakukan latihan ringan di rumah seperti yang disarankan oleh teman teman anda atau dokter hewan. Dalam satu kali sesi terapi biasanya akan berlangsung selama 30 menit hingga 1 jam bergantung dari tingkat keparahan cideranya. 
Baca juga : Penyebab kerontokan bulu / rambut pada musang
8. Mengistirahatkan Musang 

Saat musang mengalami cidera, anda harus memberikan waktu untuk beristirahat yang lebih bagi dia agar cepat sembuh. Selain itu hal ini dapat mengurangi rasa sakit dan rasa tidak nyaman yang dialami musang saat dia mengalami keseleo. Anda dapat mengajak dia untuk berjalan selama 3 hingga 5 hari setelah dia mengalami cidera atau seperti yang telah dianjurkan oleh dokter hewan. Selalu perhatikan kondisi musang anda. Jika dia tampak kelelahan, anda dapat mengajak dia untuk beristirahat atau anda dapat menggendongnya dengan perlahan. 

9. Melihat Tanda Membaik atau semakin Memburuk

Dalam kurun waktu 48 jam setelah anda mengistirahatkan musang anda, anda dapat melihat apakah musang anda mengalami perbaikan kondisi atau malah memburuk. Dengan istirahat biasanya musang yang keseleo akan kembali secara cepat dan normal. Jika dalam waktu 48 jam musang anda tidak mengalami perbaikan, anda dapat membawanya ke dokter hewan untuk berkonsultasi. Terkadang pula terdapat cidera lain yang menghambat proses penyembuhan. Untuk cidera yang lebih serius seperti dislokasi dan retak, dokter hewan akan melakukan pemeriksaan lengkap seperti X-Ray jika diperlukan. 
Baca juga : Pengobatan musang diare, Pup berdarah, dan tidak nafsu makan
10. Meletakkan Es Batu Pada Daerah Cidera

Anda dapat meletakkan kompres es batu pada daerah cidera jika tampak bengkak dan timbul rasa nyeri. Es batu dapat membantu meredakan pembengkakan dan rasa nyeri serta dapat membantu proses kesembuhan musang anda. Anda dapat menggunakan es batu selama 15 hingga 20 menit selama beberapa kali dalam sehari. Bungkus es batu di dalam handuk agar musang tidak merasa terlalu dingin. Jika kulit musang anda tampak putih atau kaku maka hal ini menandakan bahwa kompres yang digunakan terlalu dingin. 

11. Menggunakan Kompres Hangat 

Jika musang anda sudah tua dan mengalami keseleo yang kronis dan berulang, maka disarankan untuk tidak mengompresnya dengan es batu melainkan dengan kompres hangat. Suhu yang hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah dan dapat meregangkan otot serta memiliki efek melegakan. Untuk melakukan kompres hangat, anda dapat menggunakan handuk yang dihangatkan di dalam microwave atau pengering. Pastikan bahwa handuk tidak terlalu panas sehingga dapat melukai kulit. Lakukan hal ini selama 10 hingga 15 menit dan anda dapat melakukannya lagi setidaknya 1 jam setelahnya. 
Baca juga : Perbedaan katarak dan infeksi mata pada musang
12. Memberikan Obat Anti Nyeri 

Karena terkadang keseleo disertai juga dengan rasa nyeri atau tidak nyaman, anda dapat meminta dokter hewan untuk meresepkan obat anti nyeri. Obat anti nyeri dapat meringankan rasa nyeri dan peradangan. Untuk memberikan obat anti nyeri anda harus mengetahui dengan benar berat badan dari musang anda agar dapat diberikan dosis yang sesuai oleh dokter hewan. Jika musang anda tetap merasakan nyeri setelah diberikan obat, anda dapat meminta dokter hewan untuk meresepkan obat anti nyeri yang lebih kuat untuk musang anda. 

13. Melakukan Aktifitas Ringan 

Setelah anda pergi ke dokter hewan, anda dapat membawa musang anda untuk berjalan secara perlahan. Pastikan dia tidak berlari dan selalu awasi pergerakan dari musang anda sehingga tidak akan timbul cidera yang lebih parah. Anda juga dapat mengajak musang anda untuk bermain dengan ringan dan jangan lakukan kegiatan yang ekstrim. Jika musang anda melakukan aktifitas yang berlebihan, proses penyembuhan akan terhambat dan musang dapat mengalami cidera yang lain. 

*tulisan ini hanya sebatas pengalaman saja,
Semoga bermanfaat 


Terima kasih


*Sumber : Musang Lovers Indonesia Reg. Bekasi dan Sekitarnya (ZOMBIE'S)

1 komentar: