Pengertian dan cara sosialisasikan hewan musang


sosialisasi hewan musang
Pengertian dan cara sosialisasi hewan musang

Sosialisasi, dalam MLI (Musang Lovers Indonesia) adalah dimana kita melakukan interaksi secara langsung dan tidak langsung dalam mengenalkan musang dan dunia musang ( kontes, breeding, acara regional dan lainnya ), karena banyak yg belum memahami dan kurang tepat.

Baca juga : BOMUL I Komunitas pencinta musang di bogor
Ini salahsatu info tambahannya

SOSIALISAISI LANGSUNG

Sosialisasi langsung kepada masyarakat bisa dimulai dari :

1. keluarga

Di area ini kita bisa memperkenalkan secara langsung dan tidak langsung hewan bernama musang kepada mereka, agar mereka memahami dan mengerti mengapa kita memelihara musang, dan menjelaskan alasan kita kepada mereka. Karena tidak semua anggota keluarga memahami hal ini.

Baca juga : Gathering komunitas musang I Hal yang harus di perhatikan ketika sedang gath dan sosialisasi
2. tetangga/ lingkungan sekitar

Tetangga ialah orang yg terdekat di lingkungan kita, kita bisa memulai degan memberikan informasi yg baik kepeda mereka apa itu musang, karena tetangga / orang awam biasanya tidak mengerti dan mempunyai prsepsi buruk tentang musang ,ya tdk??

Jadi berikan penjelasan yg sedetailnya agar mereka memahami hal tersebut dan kitapun nyaman memelihara musang dirumah dan mereka merasa aman bahwa musang tersebut aman buat mereka.

3. teman

Perkenalkanlah musang kepada mereka, karena mereka salahsatu bagian dari kehidupan kita.
meskipun mereka tidak tertarik terhadap musang sebaiknya juga perlu diberikan informasi tentang musang dan aktifitas kalian di komunitas secara positif. 

Dengan begitu kita sudah memberikan image bahwa musang banyak hal positifnya dilingkungan kita.sebagai peliharaan, rantai makanan dll.

4. masyarakat umum

Disaat melakukan sosialisasi, kita memberikan cara langsung dan tidak langsung perihal tujuan kita ke mereka. mengenalkan musang kepada mereka yg minim informasi tentang musang, dan merubah persepsi mereka selama ini yg kurang benar terhadap musang.

Berikanlah keterangan yg kalian miliki selama ini tentang dunia musang, karena memberikan keterangan yg baik dan benar dapat dicerna dengan baik oleh masyarakat.

kita hanya memberikan informasi tetapi tidak diwajibkan untuk mengajak untuk memiliki/ memelihara musang tersebut seperti halnya kita.

5. instansi ( badan yg berhubungan dengan lingkungan dan hewan )

Bekerjasamalah dengan badan yg mengangani tentang dunia satwa dan lingkungan hidup, kebudayaan dan lainya yg menurut kalian ada konteks dalam bersosialisasi,

Tujuanya mengenalkan musang asli indonesia dan melakukan edukasi kepada mereka dan melakukan hubungan kerjasama yg baik. contoh : kesekolah, dan ke badan pertanian dll.

SOSIALISASI SECARA LISAN/ VERBAL

Kita melakukan kontak langsung dengan lawan bicara dan memberikan informasi tentang musang dan dunianya, dan juga bisa membawa serta musang kita.


SOSIALISASI SECARA KOMUNIKASI VISUAL/ MEDIA

Bisa dengan memberikan brosur/ flayers yg berhubungan tentang komunitas kalian dan informasi tentang musang, 

Agar masyarakat memahami dan bisa di repeat/diulang ketika membaca dan melihat,

Agar menimbulkan dayatarik mereka bisa menggunakan foto / gambar musang dan yg bertemakan komunitas kalian dan informasi tentang hewan musang itu sendiri.


SOSIALISASI TIDAK LANGSUNG

Bisa secara verbal /text/tags ( sms, tlp, saat apapun itu waktunya dan tempatnya), menceritakan cerita tentang musang kepada masyarakat, teman, keluarga tentang komunitas datau musang2 kalian ( tingkah laku musang, acara2 dikomunitas,dll )secara tidak langsung, dari situ mereka akan mendengar cerita tentang luasnya dunia musang itu.


Banyak cara untuk sosialisasi! tidak hanya saat gathering saja lohh.



Musang Lovers Indonesia 
Salam Wangi Salam lestari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar