Komunitas Bomul sosialisasikan musang sebagai hewan peliharaan


Bomul

Komunitas Bomul sosialisasikan musang sebagai hewan peliharaan

        Komunitas Bogor musang lovers atau biasa di panggil dengan sebutan BOMUL ini sudah berdiri sejak tahun 2013 lalu tepatnya pada tanggal 16 September 2013, 

Komunitas ini memperkenalkan diri di tengah masyarakat kota bogor dengan tujuan mensosialisasikan hewan musang bahwa musang bukan hama melainkan hewan eksotik yang bisa kita pelihara dirumah.

Baca Juga : Jangan Pernah Merelease Musang Sembarangan

Saat ini masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa hewan yang suka berkeliaran pada malam hari dan pandai memanjat ini sebagai hewan pengganggu.

Sehingga komunitas bomul hadir untuk mensosialisasikan hewan musang agar masyarakat tidak lagi beranggapan bahwa musang itu hama.

Dan saat ini juga terutama untuk masyarakat yang ada di daerah perkotaan yang berpikir kalau musang yang ada di atap rumah sebagai hewan pengganggu, 

Bahkan bagi sebagian masyarakat yang kurang mencintai satwa kerap dijadikan hewan buruan, tak jarang mereka menangkap hewan ini dengan membuat jerat bahkan sampai di tembaki, itu yang membuat kami komunitas bomul miris dengan adanya hal seperti itu.

Baca Juga : Apakah Vaksinasi Pada Musang Itu Penting ?

Sebagai pencinta musang di kota bogor kami berharap agar masyarakat tidak lagi merasa risih dengan keberadaan hewan musang ini. 

Sebab hewan musang ini hampir sama dengan hewan peliharaan lainnya seperti kucing ataupun anjing.
perawatannyapun terbilang sangat mudah, bahkan bisa dibilang lebih mudah dari merawat kucing anggora, kotorannyapun tidak terlalu bau, dari segi kebersihan dan makanan sangat mudah sekali.

Dan bahkan harga jual musang ini bisa bisa menyamai dengan kucing anggora loh, untuk musang yang masih berusia beberapa bulan saja dihargai hingga ratusan ribu.

Musang juga mempunyai beragam jenis, seperti musang pandan, musang rase, musang akar, musang bulan, musang tenggalung, musang air, musang binturong, musang zebra, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Beraroma daun pandan, inilah fakta unik dari musang pandan

Untuk jenis musang yang biasa dipelihara dikomunitas BOMUL sendiri biasanya berjenis musang pandan atau biasa disebut juga dengan luwak/luak atau juga careuh bulan kata orang sunda mah, ada juga musang akar dengan ekornya yang panjang, dan musang rase yang pecicilan, serta kerabat musang seperti otter dan tenggarangan.

Beberapa diantaranya hewan musang ini sudah mengalami penurunan populasi di alam liar sehingga ada yang sudah tergolong hewan yang dilindungi,

Harapan kami dari komunitas bomul ini agar keberadaan musang sebagai hewan endemik indonesia ini bisa dikenal dunia,

Maka dari itu kami dari komunitas Bogor Musang Lovers (BOMUL) terus mensosialisasikan hewan musang ini agar musang tetap lestari.

2 komentar: