Cara Menjaga Kebersihan Musang Biul


cara merawat musang biul

Cara menjaga kebersihan dan menghilangkan bau 

pada musang biul

    Musang biul atau javan ferret badger merupakan salahsatu kerabat musang yang saat ini mulai banyak dipelihara oleh para pencinta pencinta musang, 

Tidak seperti musang pandan yang bersifat arboreal (hidup diatas pohon), musang biul lebih suka berada di atas tanah dan menempatkan sarangnya di lubang-lubang dangkal atau dibalik batu. 

Musang yang memiliki bentuk kaki seperti sekop ini memiliki indera penciuman, kecerdasan, dan insting yang lebih tajam daripada jenis musang lainnya.

Baca juga : Cara membedakan musang semi jinak dengan jinak total

Perlu diketahui, bakteri pada tubuh hewan tidak sama dengan bakteri di tubuh manusia. Jadi kurang efektif jika menggunakan cairan antiseptik untuk manusia.

Berikut ini tips cara merawat musang biul dengan menjaga kebersihannya sekaligus cara menghilangkan bau pada musang biul :

1. Memandikan musang biul 

    Hal yang pertama dalam merawat dan menjaga kebersihan biul serta meminimalisir bau pada musang biul adalah  dengan mandikan musang biul.

Dikarenakan musang biul tidak tahan dingin gunakan air hangat yang sudah di campur dengan cairan disinfektan khusus untuk hewan rodalon ke dalam air mandinya.

Gunakan shampo khusus untuk bayi yang tidak pedih dimata atau gunakan shampo milkBath untuk bayi manusia untuk melembutkan bulu musang biul.
Setelah mandi keringkan bulu musang dan jemur di bawah matahari pagi sebentar.

2. Bersihkan kuku dan telapak kaki musang biul 

    Kebersihan lainnya adalah dengan membersihkan bagian kuku dan telapak kaki biul, caranya adalah pada saat musang biul dimandikan gosok bagian kaki termasuk kuku dan telapak kaki biul dengan menggunakan sikat gigi berbulu lembut,

Dikarenakan kaki biul berongga, jadi sikat bagian rongga kuku dan sela-sela telapak kaki musang biul.
perlu diingat penyakit jamur sering kali bersembunyi di bagian telapak kaki dan sela-sela kaki biul,

 sehingga kita harus sering mengecek dan membersihkannya untuk memastikan penyakit jamur tidak tumbuh.

untuk menjaga agar telapak kaki biul tidak kapalan, anda bisa mengoleskan VCO atau baby oil dan sikat secara perlahan.

dan untuk pemotongan kuku biul ini di sarakan untuk memotong kuku setelah biul dewasa dan cukup 1 bulan sekali saja.

Baca juga : 5 makanan musang yang biasa diberikan oleh para musang lovers

3. Bersihkan telinga musang biul

    Kebersihan telinga pada musang biul juga harus diperhatikan, bersihkan dengan menggunakan cottonbud yang sudah dibasahi dengan baby oil, usahakan jangan terlalu dalam pada saat anda mengorek untuk membersihkannya.

4. Bersihkan bagian anus dan kelamin biul

Perhatikan juga kebersihan anus dan kelamin pada musang biul, terutama biul betina saat dewasa, saat menstruasi bagian kelamin akan basah & lembab.

5. Kebersihan harian

Untuk keseharian bisa gunakan tissue basah untuk membersihkan badan BIUL.

Untuk memandikan musang biul bisa dilakukan Seminggu 1-2x saja bila kita benar2-benar menjaga kebersihan dengan melakukan hal-hal di atas,

Baca juga : Bolehkah musang diberi makan jangkrik

Untuk memandikan musang biul cukup dilakukan 1 sampai 2 kali dalam 1 minggu apabila kita benar-benar menjaga kebersihan dengan melakukan point-point di atas.

"Yang utama dan perlu diingat biul biul ingin bebas bau, hindari pemberian asupan pakan serangga seperti, jangkrik, ulat hongkong, cacing, karena aupan serangga bisa berpengaruh pada kelenjar bau badan biul."


Sekian ulasan singkat tentang cara menjaga kebersihan dan menghilangkan bau pada musang biul, semoga bermanfaat.
kritik dan saran bisa melalui kontak kami dan atau silahkan tulis dikolom komentar di bawah.
terimaksih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar