Cara mencegah dan mengobati penyakit kulit Scabies pada Musang


musangbogor-mli.blogspot.com
Cara mencegah dan mengobati penyakit kulit Scabies pada MusangScabies merupakan penyakit kulit akibat infeksi tungau Sarcoptes scabiei, scabies pun dikenal dengan penyakit Sarcoptic mange, 
Walaupun terkadang penyebabnya bukan karena tungau yang menyebabkan scabies, banyak yang mengeneralisasikan penyakit kulit dengan nama scabies.
Baca juga : Cara mengobati jamuran pada musang secara alami
1. Penyebab penyakit kulit Scabies pada Musang

Scabies pada Musang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei (terdapat di anjing) dan tungau Notoedres cati (yang terdapat di kucing) . Keduanya memiliki bentuk yang hampir serupa, dan hanya dapat bisa dibedakan bentuknya melalui mikroskop.

Scabies memiliki gejala klinis yang khas dengan menimbulkan kerak pada kulit yang terinfeksi. Biasanya kerak akan terlihat pada wajah dan telinga. Kegatalan yang terjadi pada kulit tak jarang menyebabkan kebotakan, kemerahan, dan pendarahan pada kulit.

2. Scabies adalah penyakit menular

Penyakit kulit ini sangat menular pada Musang, Sehingga sangat penting untuk melakukan isolasi pada Musang yang mengalami scabies. Selain itu, scabies bersifat zoonosis atau dapat menular ke manusia. Setelah menangani hewan yang terkena scabies perlu melakukan cuci tangan dengan sabun antiseptic.
Baca juga : Penyebab kerontokan bulu/rambut pada musang
3. Pengobatan scabies pada Musang

Scabies pada Musang diobati dengan memberikan antiprasit yang mengandung ivermectine, selamectine, dan amitraz. 

Amitraz diaplikasikan dengan cara dimandikan secara teratur sesuai dengan keparahannya. Selamectine biasanya digunakan pada kucing dan diaplikasikan secara spot on (tetes tengkuk) dengan merk revolution. 

Ivermectine lazimnya diberikan pada anjing bisa digunakan dengan diminumkan atau disuntikkan. Pengobatan dapat berlangsung selama 2-4 minggu. 

Secara alami dapat menggunakan minyak kelapa, minyak zaitun, maupun minyak ikan untuk melunakkan kulit yang mengalami kerak pada kasus scabies. Semuanya dapat di aplikasikan ke musang musang kalian.
Baca juga : Menangani ekor musang yang putus
4. Cara mencegah Scabies pada musang

Scabies dapat dicegah dengan melakukan pemberian obat antiparasit. Melakukan grooming teratur dan selalu menjaga kebersihan. Menjaga kesehatan dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan pemberian pakan yang baik bagi musang kalian.

Sekian ulasan kali ini mengenai Cara mencegah dan mengobati penyakit kulit Scabies pada Musang. kurang lebihnya mohon maaf, kritik dan saran bisa melalui kontak kami atau silahkan tulis di kolom komentar.
terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar